Tanah Retak Terjadi di Badegan Ponorogo, 285 Penduduk Diungsikan

Sumber: news.detik.com

Ponorogo – Tanah retak terjadi di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. 285 Penduduk di desa tersebut diungsikan ke tempat yang lebih aman.
“Kami mendapatkan informasi dari badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Ponorogo dan Provinsi Jawa Timur, bahwa ada retakan tanah di Desa Dayakan,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Kamis (6/4/2017).

Retakan tanah di perbukitan di Desa Dayakan ini lebarnya hingga 1 meter dengan kedalaman sekitar 300 meter. Sedangkan ketinggian bukit sekitar 300 meter.

Retakan tanah tersebut membuat masyarakat terdampak yang sebanyak 56 kepala keluarga (KK) dan terdiri dari 285 jiwa, harus diungsikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Kan belum lama ini terjadi longsor di Dukuh Tangkil, Desa Banaran Kecamatan Pulung. Kita tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Wagub yang disapa Gus Ipul ini mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak terlalu panik. “Patuhi petunjuk dari petugas dan perangkat desa,” jelasnya.

Desa Dayakan, Kecamatan Badegan ini terletak sekitar 22 kilometer dari barat pusat kota Ponorogo, Jawa Timur. Wilayah tersebut berbatasan dengan Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sedangkan lokasi bencana longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, yakni sekitar 33 kilometer (KM) timur kota Ponorogo.
(roi/bdh)

Sumber: news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *