Profil


Sejarah Berdirinya Institusi

Akademi Keperawatan Pemerintah Kababupaten Ponorogo adalah jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) Diploma III Kesehatan di bidang keperawatan yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo.

Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ponorogo adalah hasil konversi dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Pemda Tingkat II Ponorogo yang merupakan embrio Sekolah Kesehatan di lingkungan Kabupaten Ponorogo. Sekolah Keperawatan tersebut didirikan pada tanggal 1 Juli 1985 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Ponorogo Nomor 349 Tahun 1984 tanggal 5 Nopember 1984 dan ditindak lanjuti dengan ijin operasional dari Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Sejak tanggal 23 Februari 1999 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI Nomor HK.00.06.1.3.0419. dan berdasarkan Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Ponorogo Nomor 487 Tanggal 4 Oktober 1999 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Akademi Keperawatan Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Ponorogo, maka SPK Pemda Ponorogo konversi menjadi Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Sejak berdiri sampai saat ini Akper Pemkab Ponorogo baru memiliki satu prodi yaitu program studi Diploma III keperawatan. Seiring dengan perubahan aturan dan perundang-undangan program studi Diploma III keperawatan Akper Pemkab Ponorogo telah Alih Bina penyelenggaraan dari Kementerian Kesehatan kepada Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.


Visi dan Misi


Visi :

  • Menjadi program studi diploma III keperawatan penyelenggara pendidikan tenaga keperawatan vokasional yang berkualitas dan beretika yang mampu bersaing ditingkat nasional pada tahun 2019.


Misi :

  1. Melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi mengedeoankan etika keperawatan dan menerapkan sikap sopan, senyum, salam dan sapa.
  2. Melakukan penelitian di bidang keperawatan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang keperawatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  4. Mengembangkan kemitraan dengan pengguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan angka keterserapan lulusan serta pengembangan prodi diploma III keperawatan


Sarana & Prasarana

  1. Laboratorium Keperawatan
  2. Ruang kuliah ber AC (dilengkapi multi media)
  3. Perpustakaan
  4. Lapangan Olah raga
  5. Ruang Musik
  6. Hot Spot Area


DOSEN / PEMBIMBING PRAKTEK KLINIK

  1. Dokter Umum / Dokter Spesialis.
  2. Tenaga S2 Keperawatan.
  3. Tenaga S2 Kesehatan.
  4. Tenaga Keperawatan sesuai Kwalifikasinya (S1 dan D4).
  5. Tenaga Profesi Kesehatan Lain sesuai dengan kebutuhan.
  6. Tenaga Non Kesehatan sesuai Keahlianya ( S1 dan S2 ).
  7. Clinical Instruktur dari lahan praktek yang digunakan.


LAHAN PRAKTEK

  1. Memanfaatkan lahan praktek diwilayah Kabupaten Ponorogo yaitu :
  2. RSU Daerah Prof. Dr. M. Harjono Soedigdomarto, Sp.OG Ponorogo.
  3. Puskesmas
  4. PKMD di masyarakat pedesaan.
  5. RB swasta.